stahdnj.ac.id

STAH Dharma Nusantara Jakarta
Subscribe

Dies Natalis & Wisuda STAH DN Jakarta

December 14, 2010 By: admin Category: Artikel

By  : Ulianta

Terinspirasi dari semangat dan ihklasnya, seluruh komponen dan insan yang terlibat dalam acara Dies Natalis dan Wisuda STAH DN Jakarta Pada tanggal 11 Desember 2010 dan Upanayana serta Samawartana yang dilakukan sehari sebelumnya tanggal 10 Desember 2010 menambah semangat saya untuk menuliskan sebuah tulisan dalam  format karangan khas (Feature)….ini

Suasana menjadi sejenak hening, khidmat sesaat setelah doa dikumandangkan dengan suara mantra pinandita pemimpin doa pada saat acara doa penutup Dies Natalis XVI & Wisuda VIII STAH Dharma Nusantara Jakarta yang diadakan di tengah-tengah kota metropolitan Jakarta yaitu Auditorium Adyana Wisma Antara, Jl. Medan Merdeka Selatan Jakarta Pusat. Kontras sekali dengan suasana sesaat menjelang dan persiapan sebelum acara dimulai, terlihat kesibukan seluruh insan yang terlibat dikepanitiaan acara ini. Nampak Langkah-langkah cepat dan sigap untuk berusaha agar acara bisa dimulai on time yang rencananya dimulai tepat pukul 8.00 WIB. Serentak Kesibukan tersebut terhenti setelah semua dinyatakan siap dan acara  dinyatakan bisa dimulai oleh ketua panitia.

Wisuda STAH DN Jakarta 11 Des 2010

Wisuda STAH DN Jakarta 11 Des 2010

Diawali dengan gemulai tarian penyambutan tamu undangan yaitu tari Sekar Jagat yang dibawakan oleh mahasiswi STAH Dharma Nusantara, menunjukkan kompetensinya bahwa tidak saja dalam bidang akademik dan keagamaan tapi juga terampil menari, mengolah gerak tubuh menjadi sesuatu yang indah dan seni dan dapat membuat suasana menjadi segar ceria dan mampu membawa vibrasi kebahagiaan seperti apa yang tengah dirasakan oleh para wisudawan-wisudawati dan keluarga sebagai hasil dari perjuangannya di bangku kuliah selama kurang lebih 4 tahun lamanya.


Suara Sunggu yang panjang dan menggema sebanyak tiga kali menandakan prosesi sidang Senat dan Guru Besar Terbuka STAH DN Jakarta dimulai, petugas pembawa bendera dan perlengkapan prosesi dengan gerak langkah tegap menuntun barisan Senat dan Guru Besar menuju podium dengan diiringi lagu khas sebagai lagu perjuangan kebebasan akademik, dengan judul Gaudemus Igitur. (”Karenanya marilah kita bergembira”) adalah lagu berbahasa Latin yang merupakan lagu komersium akademik dan sering dinyanyikan di berbagai negara Eropa. Di negara-negara Barat, lagu ini dinyanyikan sebagai anthem dalam upacara kelulusan. Melodi lagu ini terinspirasi oleh lagu abad pertengahan, bishop of Bologna ciptaan Strada. Liriknya sendiri mencerminkan semangat para pelajar yang tetap semangat meskipun dengan pengetahuan bahwa pada suatu hari nanti kita semua akan mati, seperti terangkum dalam bait pertama pada baris ke-4 dan yang lebih diperjelas lagi pada isi bait ketiga, yang mengandung arti kesadaran akan dekatnya kematian dengan kehidupan manusia di bumi ini.

Sidang yang dibuka oleh Ketua Senat STAH DN Jakarta, yang dilanjut dengan Menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya, yang dinyanyikan oleh seluruh hadirin yang hadir, kemudian dirangkai dengan mengheningkan cipta dengan iringan lagu oleh group paduan suara dari mahasiswa STAH DN Jakarta, Dengan suara melodi keyboard yang ditata apik, menambah suasana penghormatan kepada para pahlawan bangsa menjadi khidmat.

Upanayana dan Samawarthana

Upanayana dan Samawarthana

Himne STAH DN Jakarta, dikumandangkan kembali oleh Group paduan suara dengan iringan melodi dan nampak Dirigen dengan gerak yang tangkas, sigap dan tegas memimpin peserta paduan suara.

Orasi Ilmiah selama 30 menit, mengetengahkan judul Membangun Homo Akademikus  di Perguruan Tinggi Agama Hindu yang dibawakan oleh Ibu Titi Surti Nastiti, yang dilanjutkan dengan Pembacaan SK Dirjen Bimas Hindu Kementerian Agama RI tentang Penetapan Kelulusan Mahasiswa, dibacakan oleh Puket I Bidang Akademik STAH DN Jakarta I Nyoman Yoga Segara, M. Hum.

Dilanjutkan dengan Pelantikan Wisudawan-wisudawati. Perlahan-lahan dengan langkah pasti satu persatu wisudawan menuju podium untuk dilantik oleh Ketua STAH Dharma Nusantara Jakarta Prof. Dr. Ir. I Made Kartika Dhiputra, Dipl.-Ing. Pada saat yang sama seluruh wisudawan menerima Ijazah dan Akta 4 (Empat). Suasana haru bercampur bahagia tercermin nampak pada wajah para wisudawan, bahwa inilah saatnya kebahagiaan hasil perjuangan selama ini di bangku kuliah. Gemblengan, tantangan, tugas, masalah semua dapat teratasi dengan kegigihan dan ketekunan tanpa mengenal putus asa.

Janji Wisudawan dibacakan oleh dua perwakilan mahasiswa dan mahasiswa yang diikuti secara serentak oleh seluruh wisudawan dan wisudawati, kemudian Kesan dan Pesan Wisudawan yang dibawakan oleh seorang wakil wusudawan. Pada akhir pesannya nampak tak kuasa menahan kesedihannya saat ucapan terima kasih kepada seluruh dosen terutama  ditujukan kepada salah seorang dosen yang telah almarhum dalam tugas yaitu Bp. Suwira Satria semoga arwah beliau moksa.

Acara dilanjutkan dengan penyerahan Kendi Ilmu Pengetahuan sebagai lambang mengalirnya terus menerus Ilmu pengetahuan tanpa henti dari generasi ke generasi, agar tak henti-hentinya kita belajar dan selalu berkesinambungan. Kendi ini diserahkan kepada mahasiwa baru oleh perwakilan wisudawan.

Lagu Bagimu Negeri mengingatkan bahwa kita harus berbuat untuk negeri sesuai swadarma masing-masing.

Sambutan-sambutan yang awali dengan sambutan dari Ketua STAH DN Jakarta. Dalam sambutannya Ketua STAH DN Jakarta mengajak kita semua untuk melihat kilas balik sejarah perjalanan panjang proses pendidikan di STAH Dharma Nusantara Jakarta yang sudah dimulai sejak 16 tahun lalu, dengan berbagai tantangan, hambatan, harapan dan bahkan bagai sebuah Impian Besar bagi para tokoh umat Hindu dalam mewujudkan Sumber Daya Manusia Hindu (SDM-H) yang berkualitas, bermartabat dan memiliki Kompetensi yang dapat dibanggakan, adalah wajib hukumnya untuk mengingat dan berpegang kembali pada ”Semangat dan Komitmen Bersama” yang sangat mulia dari para tokoh umat dan Cendikiawan Hindu di DKI Jakarta ketika sebuah Yayasan Nirlaba, yang kemudian atas usul dari Bapak Nyoman S. Pendit maka dikukuhkanlah sebuah nama-besar sesuai konsep wawasan kenegaraan dimasa lalu ketika kejayaan kerajaan Majapahit, yaitu : ”Yayasan Dharma Nusantara” dan didirikan berdasarkan atas Akta Yayasan yang dibuat didepan Notaris Gde Kertayasa SH, dengan alamat di komplek perkantoran Megaria Jl. Diponegoro Menteng Jakarta Pusat, pada tanggal 17 April 1993. Untuk itu, Ketua STAH DN Jakarta Prof. DR. Ir. Kartika D.,Dipl.-Ing, mengajak sivitas akademika STAH Dharma Nusantara Jakarta, untuk menjaga dan mempertahankan ”semangat dan komitmen awal” ini sebagai modal dasar dalam mengembangan kualitas diri dan martabat, khususnya bagi umat Hindu dibumi Nusantara NKRI ini, dengan tetap berpedoman pada kata-kata bijak ,Subha Sita yaitu : Satyam eva Jayate nãnrtam, Satyena panta vitatho devayanam” dan ”Bhaya Sira Harsa Mardi Kamahardikan Aywa Samar Sumingkiring Durkamurkhan”.

Untuk menyelaraskan dan merealisasikan sasanti STAH Dharma Nusantara Jakarta yang telah ditetapkan : “VIDYA-VIJÑ?NAM-VIDVAN” sebagai Visi dalam Misi serta Tujuan yang telah ditetapkan sebagai EOL (Expected Learning Outcome) terutama dalam Paradigma Baru Pengembangan /Penataan Perguruan Tinggi, terutama PP No.66 tahun 2010 sebagai Aturan Lanjut dari PP tentang BHP yang sedang digodok kembali, maka perlu komitmen Satyam Wacanam - Satyam Laksanam terhadap pelaksanaan faktor-faktor utama yang menyangkut tentang tata kelola sebuah PT yaitu : Relevansi, Atmosfir Akademik, Manajemen Institusional, Keberlanjutan (Sustainability), Efisiensi dan Kepemimpinan , serta selalu mengusahakan agar dalam setiap tindakan harus ada Hasil Kinerja (Performances) PT yang selalu mengacu pada Kualitas-Berkelanjutan yang terukur dan dilandasi kreativitas ingenuitas serta produktivitas dari setiap pribadi sivitas akademika dalam pola Manajemen Otonom yang senafas dengan Akuntabilitas / Pertanggung Jawaban disemua program kegiatan Institusional.

Beliau juga menekankan bahwa banyak hal yang sebenarnya tersirat namun tidak tersurat yang dapat analisis tentang proses perkembangan, perubahan, tantangan, hambatan dan bahkan ancaman yang terkait dalam pengembangan internal maupun eksternal faktor-faktor : Brain Ware, Soft Ware, Hard Ware, Organ Ware, and Social Ware, dalam proses pengelolaan sebuah Perguruan Tinggi STAH Dharma Nusantara Jakarta dalam pengabdian dan dharma bhaktinya untuk menciptakan ”Brand Image” yang baik dan berwibawa bagi Institusi sebagai lembaga penyeleggaraan Pendidikan Ilmu Keguruan dan Pendidikan Agama Hindu , yang sampai saat ini telah meluluskan sarjana Strata-1 secara keseluruhan dari sejak wisuda perdana adalah 498 wisudawan.

Diakhir sambutannya Ketua STAH DN Jakarta, mengucapkan Selamat dan Sukses kepada para Wisudawan beserta keluarga yang berbahagia, bahwa para lulusan, telah ditetapkan menyandang gelar kesarjanaan, S.Pd.H. Mulai saat ini teruskanlah cita-cita Saudara semua sebagai Duta Agama Hindu dalam mencerahkan dan meningkatkan Sradha - Bhakti umat Hindu melalui Dharma Sadhana di Bumi Nusantara berlandaskan “VIDYA dan VIJÑ?NAM “, dan jangan sekali-kali melupakan Almamater.

Ucapan terima kasih juga disampaikan kepada Para Pandita/Para Sulinggih yang telah berkenan sebagai Wiku Saksi; kepada Bapak Dirjen Bimas Hindu Kementrian Agama RI, Bapak Prof. Dr. IBG. Yudha Triguna MS yang dengan tulus membimbing dan memberikan dukungan moril maupun materiil dalam memajukan STAH Dharma Nusantara Jakarta; dan juga kepada Pengurus/Pembina Yayasan Dharma Nusantara, para Guru Besar, Dosen dan Staf Akademik / non Akademik serta semua pihak yang tidak dapat disebutkan satu persatu atas kerja keras dan tim work-nya yang baik sehingga Upacara Dies Natalis ke XVI dan Wisida ke VIII, dapat berlangsung sekhidmat dan semeriah ini di Gedung Wisma Antara, Jalan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat yang megah ini. Semoga Ida Sang Hyang Widhi Wasa senantiasa Asung krtha war?nugraha dalam membimbing kita semua, semoga menuju Moksa Muktidayakam dan tercapainya Kesempurnaan Hidup…………Semoga Demikian Adanya !!!

Dalam sambutannya Sekretaris Umum Yayasan Dharma Nusantara I Gusti Bagus Sutarta, menekankan pentingnya Kita Bersatu dan menghentikan hal-hal yang sifatnya negatif jika ingin maju dan mengembangakan pendidikan dan sumber daya manusia Hindu. Dengan Gayanya yang khas kocak, diakhir sambutannya beliau memberikan pantun jenaka yang intinya mengajak kita semua konsolidasi dan tidak menjadi kompor (dibaca memanas-manasi situasi) sehingga tercipta suasana yang tidak nyaman. Mari kita selesaikan masalah secara bersama-sama.

Prof. Dr IBG Yudha Triguna selaku Dirjem Bimas Hindu, dalam sambutannya menekankan pentingnya lembaga ini mengembangkan dirinya, memperluas dan mengusahakan menambah lahan Kampus selain di rawamangun juga dapat ditambahkan lagi yang memenuhi syarat sesuai standar sarana dan prasarana sehingga kehidupan kampus lebih baik serta proses pembelajaran menjadi optimal. Beliau juga menambahkan pemerintah akan selalu mendukung dan tidak akan tinggal diam.

Diakhir sambutannya Dirjen mengucapkan selamat kepada Wisudawan dan Wisudawati semoga dengan meraik gelar Sarjana Pendidikan Agama Hindu (S.Pd.H) ini dapat berkecimpung dalam dunia pendidikan, serta dapat mengabdikan diri dalam kehidupan berbangsa, bernegara dan beragama.

Setelah dipanjatkan mantram doa penutup, prosesi penutupan Sidang Senat dan Guru Besar Terbuka yang ditutup kembali oleh Ketua Senat dengan Mengetuk Palu sidang sebanyak 3 kali, iring-iringan pendera, bedel dan Para Senat dan Guru Besar meninggalkan Podium

Acara diakhir dengan ramah-tamah tamu undangan para wisudawan, foto bersama dan makan siang bersama. Suasana menjadi menambah ceria dengan alunan Sekehe Gegluntangan dan pembacaan lagu-lagu rohani dan wirama oleh sekehe Gegluntangan STAH Dharma Nusantara Jakarta. Berangsur-angsur suasana kegembiraan terbawa ke rumah masing-masing tepat pukul 12.00 Wib sesuai waktu yang disediakan oleh pengelola gedung, dan ……susana bahagia, gembira, haru semoga bukan merupakan hal yang akhir tapi sebagai batu pijakan melanjutkan kehidupan ….semoga!

Comments are closed.

  • Categories

  • Recent Posts

  • Archives

  • Pages

  • Aneka Info

    Info Beasiswa S1 S2 S3

    Direktori Indonesia - Indonesian free listing directory, SEO friendly free link directory, a comprehensive directory of Indonesian website.

  • PASUPATI ISSN 2303-0860

    Jurnal Ilmiah Kajian Hindu & Humaniora (021) 4752750 Volume I No. 1 kulit1 Volume I No. 2 kulit2
  • DHARMAGITA

    Mrdukomala

    Ong sembah ninganatha tinghalana de tri loka sarana

    Ya Tuhan sembah hamba ini orang hina, silahkan lihat oleh Mu penguasa tiga dunia

    Wahya dhyatmika sembahing hulun ijongta tanhana waneh

    Lahir bathin sembah hamba tiada lain kehadapan kakiMu

    Sang lwir Agni sakeng tahen kadi minyak saking dadhi kita

    Engkau bagaikan api yang keluar dari kayu kering, bagaikan minyak yang keluar dari santan

    Sang saksat metu yan hana wwang ngamuter tutur pinahayu

    Engkau seakan-akan nyata tampak apabila ada orang yang mengolah ilmu bathin dengan baik

  • Pointer

    * Lembaga Pendidikan hendaknya tidak hanya memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengembangkan pengetahuan saja, tetapi juga menciptakan setting sosial yang memungkinkan implementasi pengetahuan yang diperoleh untuk memecahkan problem-problem yang ada dalam masyarakat, lembaga pendidikan seharusnya merupakan contoh kehidupan masyarakat yang ideal.

  • Blog Advertising - Advertise on blogs with SponsoredReviews.com