STAHDNJ.AC.ID

Vidyaya, Vijnanam, Vidvan
Subscribe

AKTUALISASI NILAI SEWANAM DALAM MENINGKATKAN KUALITAS YAJNA YANG SATWIKA

July 10, 2022 By: admin Category: Berita/News

AKTUALISASI NILAI SEWANAM

DALAM MENINGKATKAN KUALITAS YAJNA YANG SATWIKA

 

Tangerang – Kepengurusan Suka Duka Hindu Dharma Banjar Tangerang dan Yayasan Vidya Kerta Jaya menyelenggarakan Seminar Keagamaan (Dharmatula) dengan  Tema “Bhakti Pujawali ke-58 kita aktualisasikan nilai sewanam dalam meningkatkan Kualitas yajna yang satwika”, Rangkaian Acara Pujawali ke 58 Pura Kertajaya Tangerang seminar dilaksanakan di Wantilan Pura Kertajaya Tangerang (10/07/2022). Dalam seminar tersebut Ketua Sekolah Tinggi Agama Hindu Dharma Nusantara Jakarta I Made Sutresna, S.Ag., MA. sebagai narasumber.

Ketua Suka Duka Hindu Dharma Banjar Tangerang I Made Suartha menyampaikan bahwa kita mengadakan seminar keagamaan dalam rangka pujawali ke-58 Pura Kertajaya, pada hari ini panitia pujawali mengadakan dharma tula dengan tema “Bhakti Pujawali ke-58 kita aktualisasikan nilai sewanam dalam meningkatkan kualitas yajna yang satvika”. Tema ini sangat sesuai dengan pujawali yang kita laksanakan setiap enam bulan sekali sehingga diharapkan kualitas pujawali dan yajna kita semakin baik dari waktu ke waktu.  Bapak Made Sutresna, beliau adalah Ketua Sekolah Tinggi Agama Hindu Dharma Nusantara Jakarta yang kalau tidak salah merupakan satu-satunya Perguruan Tinggi Hindu di wilayah Jakarta, Jawa Barat dan Banten. Kalau ada yang kurang jelas, jangan ragu-ragu untuk bertanya sehingga kita akan mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang yajna yang satwika.

Dalam acara seminar keagamaan (dharmatula) yang diikuti dari berbagai wilayan: Umat SDHD Banjar Tangerang, Umat Tigaraksa, Umat Tangerang Selatan, Umat Jakarta Barat,  Sekolah Tinggi Agama Hindu Dharma Nusantara Jakarta tentang  “Aktualisasi Nilai Sewanam dalam Meningkatkan Kualitas Yajna Yang Satwika” ada beberapa poin penting yang menjadi catatan, yaitu:

  1. memberi dengan iklas adalah pembelajaran mental dalam mencapai liberation/pembebasan, jika tdk pernah latihan maka akan selalu dalam keterikatan;
  2. sewanam sebagai proses transpormasi kesadaran dalam setiap melaksanakan kewajiban (swadharma) kita masing-masing;
  3. manusia hidup dari alam yg diciptakan oleh tuhan untuk manusia, jagat dengan segala isinya, berupa tanah, air, udara, sinar matahari, dan akasa yang mesti dikelola untuk kehidupan manusia secara bersama-sama dengan konsep sewanam (saling melayani); dan
  4. memenuhi perintah tuhan yang telah menciptakan dunia berbasis yajna dan itu sebagai sewanam dengan begitu hidup manusia akan  berkembang ke arah   kesempurnaan dan pada gilirannya akan  mengantarkan mencapai kelepasan/moksa, yakni tujuan akhir  kehidupan manusia.

Selanjutnya kegiatan penutup seminar keagamaan (dharmatula) Aktualisasi Nilai Sewanam dalam Meningkatkan Kualitas Yajna yang Satwika” panitia memberikan cendera mata kepada narasumber dan moderator yang diserahkan oleh Ketua SDHD Banjar Tangerang dan Ketua Yayasan Vidya Kertajaya.

Penulis: Budiawan

Comments are closed.

  • Jurnal PASUPATI ISSN 2303-0860

  • Memajukan SDM Hindu

    Salah Satu Karya Dosen STAH DNJ

    Memajukan SDM Hindu

  • Categories

  • Recent Posts

  • Archives

  • DHARMAGITA

    Mrdukomala

    Ong sembah ninganatha tinghalana de tri loka sarana

    Ya Tuhan sembah hamba ini orang hina, silahkan lihat oleh Mu penguasa tiga dunia

    Wahya dhyatmika sembahing hulun ijongta tanhana waneh

    Lahir bathin sembah hamba tiada lain kehadapan kakiMu

    Sang lwir Agni sakeng tahen kadi minyak saking dadhi kita

    Engkau bagaikan api yang keluar dari kayu kering, bagaikan minyak yang keluar dari santan

    Sang saksat metu yan hana wwang ngamuter tutur pinahayu

    Engkau seakan-akan nyata tampak apabila ada orang yang mengolah ilmu bathin dengan baik

  • STATISTIK