STAHDNJ.AC.ID

Vidyaya, Vijnanam, Vidvan
Subscribe

Mahasiswa KKN STAH DN Jakarta, Bangun Kualitas SDM Hindu di Pringsewu

September 07, 2021 By: admin Category: Artikel, Penelitian

Pringsewu (7/9) merupakan daerah tujuan utama KKN Offline oleh Mahasiswa STAH Dharma Nusantara Jakarta. Tepatnya di Pura Sabha Aum Chara Karangsari, Pekon Waringinsari Timur, Kec. Adiluwih-Pringsewu. Daerah ini merupakan tujuan yang sangat tepat, karena kultur masyarakat yang terdiri dari lima agama berbeda (Islam, Hindu, Budha, Katolik, Kristen) Moderasi beragama dan masyarakat yang harmonis menjadikan contoh dan bukti nyata bahwa implementasi NKRI dan Pancasila ada di Pringsewu.

Hal ini yang mendasari mengapa STAH DN Jakarta melalui kegiatan KKN Mahasiswa memilih daerah yang sangat harmonis ini. Kegiatan KKN STAH DN Jakarta mengambil Tema: “Sinergisitas Kuliah Kerja Nyata (KKN) Angkatran ke XVII Tahun 2021 STAH Dharma Nusantara Jakarta Dalam Mengoptimalkan SDM Hindu Untuk Indonesia Maju”. Kegiatan KKN Mahasiswa STAH DN Jakarta di Kabupaten Pringsewu ini dilaksanakan di Pura Sabha Aum Chara Karangsari, selama 2 hari penuh yaitu pada tanggal 4-5 September 2021.

Optimalisasi kegiatan KKN terletak pada sinergitas yang membangun jaringan komunikasi antar instansi keagamaan maupun pemerintah dan swasta. Untuk itu, STAH DN Jakarta menandatangani MoU dengan Bimas Hindu Kemenag Provinsi Lampung, serta PHDI Provinsi Lampung untuk bersama bergandengan tangan membangun kualitas SDM Hindu di seluruh wilayah Provinsi Lampung.

Acara ini dihadiri oleh Perwakilan dari Bimas Hindu Kemenag Provinsi Lampung bidang Ekonomi (Bapak Ketut Gede Riasa Astawa), PHDI Provinsi Lampung (Bapak I Wayan Ariyudi), PHDI Kabupaten Pringsewu (Bapak Misino), PHDI Kecataman Adiluwih (Bapak Ariyono), PHDI Pekon Waringinsari Timur (Bapak Sutarno), Lurah Pekon Waringinsari Timur (Bapak Ali Mustofa), Perwakilan STAH Lampung (Bapak Teguh Samiadi dan Bapak Suyono), beserta Dosen Pengampu Mata Kuliah KKN STAH DN Jakarta (Bapak I Wayan Kantun Mandara) dan Dosen STAH DN Jakarta (Bapak Indra Pramesari dan Ibu I Gusti Ketut Ayu Kurniasari). Ketua KKN adalah saudara I Komang Adi Wijaya yang dibantu oleh 26 mahasiswa yang terbagi menjadi tim offline dan online.

Kegiatan KKN ini mengangkat konsep Tri Hita Karana, yaitu Parahyangan, Pawongan dan Palemahan. Bagian Parahyangan yaitu memberikan bantuan berupa material bahan bangunan untuk merehab sekat Nista Mandala dan Madya Mandala Pura. Bagian Pawongan memberikan edukasi kepada masyarakat Hindu beserta anak-anak Hindu (SDM Hindu) dengan harapan motivasi untuk belajar dan mengenyam Pendidikan tinggi tumbuh dari dalam diri anak-anak Hindu (bantuan berupa buku-buku keagamaan Hindu). Bagian Palemahan memberikan bantuan berupa 5 ekor Kambing ternak dari STAH DN Jakarta serta 10 ekor Kambing Ternak dari PHDI Provinsi Lampung dan juga berupa bibit pertanian beserta pupuk organik (Donasi dari Bapak Wayan Supadno). Segala bantuan yang telah diberikan, diharapkan mampu memajukan kualitas SDM Hindu di Kabupaten Pringsewu-Lampung. (Arto)

Comments are closed.