STAHDNJ.AC.ID

Vidyaya, Vijnanam, Vidvan
Subscribe

PISAH SAMBUT KETUA STAH DHARMA NUSANTARA JAKARTA

October 11, 2020 By: admin Category: Berita/News

Jakarta, 10 Oktober 2020, Bertempat di Aula STAH Dharma Nusantara Jakarta pada hari sabtu 10 oktober 2020, dalam suasana penuh hikmat dan cair, berlangsung Pisah Sambut  Ketua STAH Periode 2008/2020 bapak Prof. Dr. Ir. I Made Kartika D. Dipl.-Ing,  kepada Ketua STAH Dharma Nusantara Jakarta yang baru terpilih bapak I Made Sutresna S.Ag., M.A.

Hadir pada kesempatan ini Bpk. Kol. (Purn)  I Nengah Dhana, S. Ag., mewakili Dewan Pembima Yayasan Dharma Nusantara, Ketua Umum Yayasan Dharma Nusantara Ir. IGAK Suena beserta jajaran pengurus. Penerapan Protokol Kesehatan yang ketat dalam rangka menekan penyebaran Corona, undangan yang hadir dibatasi pada Seluruh Anggota Senat, Yayasan, Perwakilan Pegawai dan Dosen.

Acara dimulai pada pkl 10.15 wib dan berakhir pada pkl 13.15 diawali dengan Menyanyikan lagu Indonesia Raya, Doa, Laporan Ketua Panitia, Laporan Pertanggung Jawaban Ketua STAH yang purna tugas,  sekaligus penyerahan laporan kepada Ketua Yayasan, Penyerahan Piagam Penghargaan dan Cindera mata Kepada Ketua STAH yang purna tugas, Pelantikan Ketua STAH DN Jakarta Periode 2020/2024 sekaligus pidato dan pesan Ketua Yayasan, Pidato Ketua STAH Baru, Wejangan Pembekalan dari Dewan Pembina Yayasan yang diwakili Bpk. Kol. (Purn) I Nengah Dhana, S.Ag., dan acara diakhiri dengan ramah tamah dan foto bersama. Acara ini dipandu MC dari mahasiswa STAH Dharma Nusantara Jakarta dengan nama Kadek Yulia.

Dalam pidato pertanggung jawaban ketua STAH menyampaikan berbagai pengalaman dan tantangan yang dihadapi selama memimpin sampai dengan akhir 2020 ini. Berbagai permasalahan dihadapi baik suka maupun duka dapat diselesaikan dengan baik. Yang menarik adalah saat perburuan untuk lokasi kampus alternatif yang dimulai dari rawamangun kemudian  sebagai kampus utama  kemudian menjajagi  Parung Bogor dilanjutkan menjajagi lokasi yang namanya PIK (Pantai Indah Kapuk) kemudian menuju (PBB) Pondok Bambu Batas dan pada akhirnya berlabuh di kampus (PKJJ) Pangkalan Jati Jatiwaringin Junction. Kampus PKJJ ini telah berstatus Hak Milik STAH Dharma Nusantara yang telah ditandai dengan adanya 2 prasasti yang terpasang di sana. Beliau juga berpesan STAH Dharma Nusantara Jakarta harus berupaya untuk dinegerikan oleh karenanya harus dipersiapkan sumber daya manusia dengan kualifikasi S2 dan S3. Untuk itu telah pula dilakukan kerja sama untuk itu dengan berbagai Universitas lain yang dapat membantu hingga kualifikasi SDM dimaksud segera terwujud antara lain dengan IHDN dan UNHI Denpasar. Semoga Ketua STAH Baru dapat melanjutkan hal ini dengan baik. Diakhir pidato beliau berpesan Jangan pernah meninggalkan masalah, bila perlu tinggalkan hal yang dapat dijadikan modal untuk bergerak bagi generasi berikutnya.

Ketua STAH terpilih periode 2020/2024, dalam pidatonya mengakui sangat terharu dengan liku-liku  perjalanan STAH DN J yang begitu detail disampaikan oleh Ketua STAH sebelumnya, ibarat ini adalah sebuah Purananya STAH Dharma Nusantara Jakarta yang harus kita ingat selalu. Dan jangan kita pernah melupakan sejarah, karena jika kita melupakan sejarah kita akan bisa terperosok kedua kalinya pada persoalan yang sama. Perjalanan sebuah lembaga hampir sama dengan perjalanan kehidupan dimana penuh dengan dinamika, naik dan turun, hal tersebutlah yang membuat kita bertambah dewasa dan kehidupan berbuah manis. Pada akhir pidatonya, I Made Sutresna, S.Ag., M.A sebagai ketua STAH yang baru melanjutkan paparannya bahwa pada tahap awal akan melakukan konsolidasi kedalam dan tidak akan melakukan seleksi dalam waktu yang terlalu lama karena sudah jelas dan hanya akan melakukan penyesuaian sedikit saja untuk menghilangkan inefisien dan inefektif yang masih terjadi sehingga kita dapat melaksanakan tugas-tugas kedepan dengan baik. Kita harus merapat bersama jangan ada pikiran merapatkan diri sendiri.

Sementara itu Ketua Umum Yayasan Dharma Nusantara Ir. I Gusti Agung Ketut Suena dalam sambutannya menyampaikan Apresiasi yang mendalam kepada Ketua STAH, Pengurus dan Jajarannya yang telah mendharma bhaktikan pengabdiannya selama ini dan atas komitmennya untuk senantiasa mendahulukan kepentingan lembaga diatas kepentingan lainnya. Ini Penting disampaikan agar hal ini dapat menjadi Icon dan dapat dipertahankan untuk selanjutnya. Diakhir pidato beliau menyampaikan kepada ketua STAH yang baru yaitu periode 2020/2024 agar pengabdiannya benar-benar tulus dan semoga dapat melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya.

Pada akhirnya dalam kesempatan ini Wejangan dan pencerahan disampaikan oleh Bpk. Kolonel (Purn) I Nengah Dhana, S.Ag. Dalam sesi pencerahan ini beliau menyampaikan Pentingnya Konsistensi Kepemimpinan. Dari awal mengikuti perjalanan STAH secara pribadi terlihat banyak ide, gagasan kemudian dibuat tetapi akhirnya ditinggalkan, Ini terkait dengan konsistensi kepemimpinan termasuk Integrity, Acceptability, Capability. Terutama integrity dimana-mana termasuk dibangsa ini juga telah mengalami krisis akan hal itu. Sepanjang perjalanan hal itu terus menerus terjadi naik dan turun dengan dinamika yang tinggi, tetapi kita harus ingat pesan spiritual seorang tokoh “Lupakan semua dosa hidupmu sekarang dan kedepan” Jadi kalau mengamati perjalanan STAH DN J dari dulu memang terseok-seok dan mengalami pasang surut dan beliau pun mengalami karena pernah menjadi ketua STAH juga dan menyanggupi hanya 3 tahun. Walaupun demikian STAH ini memiliki banyak andil baik pembagunan fisik maupun sumber daya manusia. Saat ini yang penting adalah konsolidasi ke dalam baik internal Yayasan dan Internal Rektorat dan harmonisasi komunikasi antara keduanya dan saling kerja sama sehingga dapat menjalankan tugas dengan baik dan sesuai peraturan perundang-undangan. Carilah Inovasi-inovasi yang memungkinkan STAH ini maju kedepan sesuai harapan. Karena terkaid Copid 19 ini tantangan menjadi bertambah berat. Di akhir wejangan beliau menyampaikan terima kasih kepada Prof. Dr. Ir. I Made Kartika D. Dipl.-Ing yang telah memimpin STAH dengan cukup tegas serta penuh dengan dedikasi yang tinggi.

Acara diakhiri dengan foto dan menikmati makan siang bersama diiringin dengan musik dan karaoke bersama (uli)

Comments are closed.