STAHDNJ.AC.ID

Vidyaya, Vijnanam, Vidvan
Subscribe

PRESS RELEASE DIES NATALIS XXII DAN WISUDA SARJANA XIV S-1 SEKOLAH TINGGI AGAMA HINDU DHARMA NUSANTARA JAKARTA

October 08, 2016 By: admin Category: Komunikasi

logostah

Sebuah perhelatan akbar telah dilakukan oleh Sekolah Tinggi Agama Hindu Dharma Nusantara Jakarta dalam Perayaan hari lahir (Dies Natalis) Sekolah Tinggi Agama Hindu Dharma Nusantara ke XXII dimana rangkaian pelaksanaannya digabung dengan Pelaksanaan Wisuda yang ke XIV Sarjana S-1 Keguruan dan IlmuPendidikan, Prodi Pendidikan Agama Hindu, dan Wisuda ke I Sarjana S-1 Penerangan, Prodi Penerangan Agama Hindu lulusan tahun 2016, sebanyak 38 orang. Adapun rangkaian kegiatan tersebut dilaksanakan di Auditorium Binakarna, Hotel Bidakara, Jln. Gatot Soebroto Kav. 71-73, Pancoran Jakarta Selatan.

Adapun rangkaian dari acara tersebut telah dilaksanakan pada hari Sabtu, tanggal 8 oktober 2016 yang dumulai pukul 07.30 wib hingga pukul 13.00 wib. Adapun sebagai pengisi acara dalam perhelatan akbar tersebut adalah seluruh civitas akademika STAH Dharma Nusantara Jakarta, baik sebagai pengisi acara maupun tata laksana dan teknis dari setiap rangkaian acara tersebut.

Dalam kesempatan ini juga dihadiri oleh seluruh tamu undangan yang selama ini telah memberikan dukungan dan apresiasinya kepada setiap pelaksanaan dan perkembangan STAH Dharma Nusantara. Adapun sebagai Ketua Panitia dalam Rangkaian Acara Dies Natalis ke XXII serta Wisuda Sarjana S-1 ke XIV STAH Dharma Nusantara adalah Dr. Ni Nyoman Sudiani, S.Pd.H., M.FIl.H, serta sambutan-sambutan yang disampaikan oleh Direktorat Jendral Bimbingan Masyarakat Hindu Prof. Drs. I Ketut Widnya, MA., M.Phil., Ph.D, Kementerian Agama RI Ketua Umum Yayasan Dharma Nusantara yaitu Ir I Gusti Ketut Gde Suena, serta Ketua STAH Dharma Nusantara Jakarta Prof. Dr. Ir. I Made Kartika Dhiputra, Dipl.-Ing.,. Adapun orasi ilmiah dalam kesempatan kali ini disampaikan oleh Deputi Pemasaran Mancanegara Kementerian Pariwisata, Prof. Dr. Ir. I Gede Pitana Brahmananda (Dibacakan Wakilnya).

Sebagai tema Dalam Dies Natalis XXII dan Wisuda ke XIV Sarjana S-1 Keguruan dan Ilmu Pendidikan dan Wisuda I Penerangan, STAH Dharma Nusantara Jakarta, adalah “Membangun Karakter Generasi Muda Hindu dalam Menghadapi MEA”. Seperti yang disampaikan oleh Dirjen Bimas Hindu Prof. Drs. I Ketut Widnya, MA., M.Phil., Ph.D yang menyatakan bahwa Momentum ini harus dimanfaatkan oleh STAH DN Jakarta untuk menjalin kerjasama kemitraanI nternasional. Yang tidak kalah pentingnya adalah bahwa dalam rangka menyambut Masyarakat Ekonomi Asia (MEA). Sehingga perlu dipikirkan pengembangan program studi bertarap internasional. Program studi internasional ini pasti akan diminati oleh mahasiswa dari berbagai Negara di dunia. Kalau Perguruan Tinggi Agama Hindu, seperti STAH Dharma Nusantara Jakarta, yang mempunyai keunggulan atau kelebihan karena beralamat atau berdomisili di Jakarta, bisa mengambil momentum ini, pasti akan menjadi prestasi yang membanggakan.  Untuk itu semua, STAH Dharma Nusantara Jakarta harus membangun koneksi  dan jaringan, supaya dapat mengumpulkan beragam Sumber Daya Manusia (SDM) dari berbagai daerah dan dari berbagai Negara di dunia. Dengan demikian, diharapkan STAH DN dapat mengaktualisasikan potensi dirinya sehingga menjadi kekuatan besar untuk membangun Program Studi Internasional. Sesuai dengan Visi yang dimiliki STAH Dharma Nusantara Jakarta: Pusat Kajian Hindu Berwawasan Nusantara dan Kemanusiaan, maka ini menjadi tantangan bagi STAH Dharma Nusantara Jakarta untuk mewujudkannya.

Sebuah prestasi yang telah dicapai oleh peserta wisuda pada kali ini, dimana mengalami peningkatan secara akademik. Seperti yang disampaikan oleh Ketua STAH Dharma Nusantara Jakarta yang dalam pidatonya menyatakan bahwa; Sesuai Surat Keputusan Ketua Sekolah Tinggi Agama Hindu (STAH) Dharma Nusantara Jakarta No. 114/SK/SK/STAH-DNJ/2016,tertanggal20 Agustus 2016,dan No.115/SK/STAH-DNJ/2016 tentang ketentuan pemakaian gelar kesarjanaan yang mulai diberlakukan, maka ditetapkan bahwa 38 mahasiswamemenuhi persyaratan Akademik dan dinyatakan LULUS dalam Sidang Yudisium Tahun Akademik 2015/2016 sehingga wajib untuk ikut Wisuda pada hari ini, dan kepadanyaberhak menyandang gelar Sarjana Pendidikan (S.Pd.) bagi lulusan Program studi Pendidikan Agama Hindudan Sarjana Sosial (S.Sos.) bagi lulusan Program studi Penerangan Agama Hindu. Disamping itu ditetapkan juga bahwa, sebanyak 37 Wisudawan dari 38 Wisudawan, lulus ”TEPAT WAKTU” (4 tahun) adalah merupakan mahasiswa Angkatan ke-XVIII (2012/2013) dengan catatan bahwa: IPK tertinggi adalah 3,89 ; IPK terendah adalah 3,21 serta; IPK rata-rata untuk semua lulusan tahun akademik 2015/2016 adalah : 3,46. Terdaftar sebagai alumni termuda (~22th) adalah mahasiswaatas nama : Mudita Patmasari lahir di Sragen tanggal 05 Nopember 1994 dan terdaftar sebagai alumni tertua (~48 th) adalah mahasiswa Ni Made Kurniasih  lahir di Tabanan, Bali pada tanggal 09 Mei 1968. Ternyata sebanyak ~ 58%, lulusan adalah lulus dengan predikat Terpuji (IPK > 3,50) atau sebanyak 22 orang mahasiswa, termasuk lulus dengan predikat Cum Laude (IPK > 3,70 & persyaratan khusus) adalah sebanyak 6 orang.

 

Sebelumnya, ada rangkaian acara yang telah dilaksanakan sebagai rangkaian acara dari Dies Natalis XXII dan Wisuda ke XIV Sarjana S-1 Keguruan dan Ilmu Pendidikan dan Wisuda I Penerangan, STAH Dharma Nusantara Jakarta  yaitu beberapa kegiatan yang telah dilaksanakan dan disampaiakan dalam Laporan Ketua Panitia yaitu Dr. Ni Nyoman Sudiani, S.Pd.H., M.FIl.H,, kegiatan-kegiatan tersebut adalah;

  1. Rangkaian Acara:
  2. Upanayana mahasiswa baru Tahun Akademik 2016/2017 dan Samawartana lulusan Tahun AKademik 2016. Kegiatan keagamaan ini dipimpin oleh Sulinggih Ida Pedanda Gede Panji Sogata, pada tanggal 7 Oktober 2016 bertempat di Utama Mandala Pura Aditya Jaya Rawamangun, yang pelaksanaannya telah mendapat restu dari para Pandita Se-Jabodetabek. Mantra Yajurveda I.13 menyebutkan bahwa yajña akan melenyapkan cacat mental, itu berarti bahwa STAH DN Jakarta telah melenyapkan cacat mental mahasiswa secara utuh, karena dididik di kelas dan dididik secara ritual.
  3. Setelah selesai mengikuti proses pembelajaran yang diakhiri dengan ujian Komprehensif dan ujian Skripsi, serta dinyatakan lulus dan memenuhi syarat administrasi dalam Sidang Yudisium, maka seluruh lulusan Sarjana S-1 tahun ajaran 2016 tersebut diadakan inisiasi/samskara penutup dengan menghaturkan Savitri Puja.
  4. Prosesi Sidang Terbuka Senat dan Guru Besar STAH DN Jakarta, serta pelaksanaan Dies Natalis dan Wisuda dilaksanakan pada hari ini tanggal 8 Oktober 2016.

 

Jakarta, 7 Oktober 2016

Koordinator Panitia Publikasi Dan Dokumentasi

Dies Natalis XXII dan Wisuda ke XIV Sarjana S-1 STAH Dharma Nusantara Jakarta

Comments are closed.