STAHDNJ.AC.ID

Vidyaya, Vijnanam, Vidvan
Subscribe

PENANDATANGAN PRASASTI TANDAI PERESMIAN GEDUNG BARU STAH DHARMA NUSANTARA JAKARTA

March 09, 2015 By: admin Category: Berita/News

Oleh :

I Gusti Made Arya S.W

dsc_0337

KETUA STAH DN JAKARTA DAN KETUA YAYASAN DHARMA NUSANTARA DALAM PENANDATANGAN PRASASTI PERESMIAN GEDUNG STAH DN JAKARTA

Minggu, 1 Maret 2015 merupakan hari yang sakral sekaligus bersejarah bagi Sekolah Tinggi Agama Hindu Dharma Nusantara Jakarta (STAH DNJ) di mana kampus barunya yang berlokasi di Jl. Jatiwaringin Raya No. 24 Jatiwaringin Junction Kav. No 8 Jakarta Timur diresmikan secara formal oleh Dirjen Bimas Hindu Kementerian Agama RI. Disaksikan oleh seluruh sivitas akademika dan para undangan, peresmian yang diawali dengan pemotongan pita tersebut disahkan lewat penandatanganan prasasti yang dilakukan secara bersama-sama oleh Dirjen Bimas Hindu, Ketua STAH Dharma Nusantara Jakarta dan Ketua Yayasan Dharma Nusantara.

Selain sebagai bentuk legitimasi negara akan kehadiran STAH Dharma Nusantara Jakarta di ibukota, penandatanganan prasasti tersebut juga dijadikan sebagai simbol dalam menjelaskan kepada seluruh umat bahwa realisasi gedung kampus STAH DNJ yang baru tersebut adalah kesepakatan tiga pihak yakni antara Ditjen Bimas Hindu, Yayasan Dharma Nusantara dan STAH DNJ itu sendiri. Peresmian ini pun sebagai tanda bahwa STAH DNJ telah melaksanakan komitmennya dalam merealisasikan bantuan dan mampu menyelesaikannya sesuai tenggat waktu, kaidah dan ketentuan hukum yang berlaku.

Dalam sambutannya Ketua STAH DNJ Prof. Dr. Ir. I Made Kartika Dhiputra, Dipl.-Ing menegaskan bahwa gedung tersebut adalah “murni” milik STAH DNJ (bukan milik pribadi per orangan). Jelasnya status kepemilikian gedung ini menjadikan pimpinan saat ini (dan yang akan datang) tidak lagi memiliki beban, dan di kemudian hari tidak akan mejadi “rebutan” yang tidak jelas. Meskipun kelak STAH DNJ telah dinegerikan maka gedung tersebut akan menjadi milik negara karena dibangun lewat bantuan (dana) dari negara. Hak penggunaannya diserahkan sepenuhnya kepada STAH DNJ, beliau berharap agar para sivitas tidak berpikir hanya sekedar punya tetapi juga harus dioptimalkan.

Penandatanganan Prasasti Oleh Dirjen Bimas Hindu Kementrian Agama RI

Penandatanganan Prasasti Oleh Dirjen Bimas Hindu Kementrian Agama RI

Semangat yang sama juga disampaikan oleh Ketua Yayasan Dharma Nusantara Ir. I.G.K Suena yang menghimbau kepada sivitas akademika agar pemanfaatan gedung kampus yang baru harus dimaksimalkan lewat berbagai aktifitas ekstra kampus yang mampu menopang skill mahasiswa dalam mempersiapkan masa depannya. Bahkan STAH DNJ dihimbau untuk menjamah hal-hal yang berada di luar bidang agama seperti pertanian, perkebunan dan segala hal yang bermanfaat bagi kemandirian ekonomi para lulusan sehingga mereka tidak hanya berorientasi hanya untuk menjadi PNS.

Ditjen Bimas Hindu Bapak Prof. Drs. I Ketut Widnya, MA., M.Phil., Ph,D dalam sambutannya menegaskan bahwa gedung yang ada saat ini belum cukup untuk memenuhi standar dalam berbagai aktivitas akademik STAH DNJ itu sendiri. Sementara semakin hari perguruan tinggi dituntut untuk bisa meningkatkan kualitasnya agar ia mampu bersaing sebagaimana yang diamanatkan oleh Undang-Undang. Kualitas yang dimaksud adalah bagaimana STAH DNJ bisa meningkatkan akses dan relevansi terhadap kebutuhan saat ini. Maka dari itu diperlukan bangunan yang lebih luas lagi agar standar kampus sarana-prasarana suatu Perguruan Tinggi itu segera terpenuhi. Atas dasar itulah Dirjen Bimas Hindu bernjanji akan berjuang untuk bisa mendapatkan anggaran yang dapat diberikan untuk pengembangan STAH DNJ ke depan.

Dengan dimilikinya gedung ini STAH DNJ bisa merancang segalanya dan memproyeksikan dirinya agar sesuai dengan visi misi mereka. STAH DNJ harus mampu mencetak lulusan yang bisa mengisi dunia modern saat ini yang sarat akan kehampaan spiritual. Dengan demikian para lulusan harus bisa mengemas nilai-nilai agama agar bisa dikontekstualisasikan dan terintegrasi dengan berbagai hal seperti seni, tradisi, dan ekonomi sehingga agama mampu menjadi teologi sosial.

FOTO BERSAMA UNDANGAN

FOTO BERSAMA UNDANGAN

Peresmian ini juga turut dihadiri oleh Mayor Jendral Polisi (Purn). Putera Astaman selaku tokoh umat yang dalam kesempatan itu mendampingi Dirjen Bimas Hindu dan para undangan untuk berkunjung ke tiap-tiap kelas sembari menutup peresmian ini dengan ritual pemotongan tumpeng sebagai wujud angayu bagia atas selesainya pembangunan kampus baru STAH DNJ.

Comments are closed.

  • DOWNLOAD

  • Jurnal PASUPATI ISSN 2303-0860

  • Memajukan SDM Hindu

    Salah Satu Karya Dosen STAH DNJ

    Memajukan SDM Hindu

  • Categories

  • Recent Posts

  • Archives

  • DHARMAGITA

    Mrdukomala

    Ong sembah ninganatha tinghalana de tri loka sarana

    Ya Tuhan sembah hamba ini orang hina, silahkan lihat oleh Mu penguasa tiga dunia

    Wahya dhyatmika sembahing hulun ijongta tanhana waneh

    Lahir bathin sembah hamba tiada lain kehadapan kakiMu

    Sang lwir Agni sakeng tahen kadi minyak saking dadhi kita

    Engkau bagaikan api yang keluar dari kayu kering, bagaikan minyak yang keluar dari santan

    Sang saksat metu yan hana wwang ngamuter tutur pinahayu

    Engkau seakan-akan nyata tampak apabila ada orang yang mengolah ilmu bathin dengan baik

  • STATISTIK

  • Blog Advertising - Advertise on blogs with SponsoredReviews.com