STAHDNJ.AC.ID

Vidyaya, Vijnanam, Vidvan
Subscribe

Archive for the ‘Berita/News’

DENGAN SEMANGAT TRI HITA KARANA MEMBANGUN GENERASI CERDAS BERLANDASKAN VEDA

May 15, 2017 By: admin Category: Berita/News

Oleh : Made Jayanegara*

(Kuliah Kerja Nyata Sekolah Tinggi Agama Hindu (STAH) Dharma Nusantara Jakarta  Di Dusun Kalipuru, Desa Kalirejo, Kec. Singorojo, Kab. Kendal,  Jawa Tengan)

 

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat merupakan salah satu dari Tri Dharma Perguruan Tinggi, termasuk di Sekolah Tinggi Agama Hindu (STAH) Dharma Nusantara Jakarta yang memiliki visi sebagai pusat kajian Hindu berwawasan nusantara dan ff8kemanusiaan serta misi sebagai penyelenggara kegiatan pendidikan, penelitian dan pengembangan serta pengabdian kepada masyarakat melalui pengembangan pola berpikir ilmiah dan kreatif yang dilandasi kebijaksanaan, membangun pribadi yang mandiri, kompeten dan berbudi luhur agar memiliki pemahaman yang seimbang antara pengetahuan spiritual (Para Vidyaya) dan pengetahuan material (Apara Vidyaya). Meningkatkan kualitas sumber daya manusia secara ilmiah dalam pelaksanaan pengabdian masyarakat guna membangun peradaban Dharma. Kegiatan pengabdian masyarakat ini dapat dinilai sebagai salah satu tugas bagi lembaga, para dosen, para karyawan, dan para mahasiswa.

ff4Pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa Sekolah Tinggi Agama Hindu (STAH) Dharma Nusantara Jakarta  merupakan hasil dari pembelajaran secara teori yang didapatkan di bangku kuliah yang di implementasikan dalam bentuk Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang dilakukan di Dusun Kalupuru, Desa Kalirejo, Kecamatan Singorojo Kabupaten Kendal, Jawa Tengah dengan berlandaskan konsep dari ajaran Agama Hindu yaitu Tri Hitakarana : Hubungan Manusia dengan Tuhan (Parahyangan), Hubungan Manusia dengan sesama manusia (Pawongan) dan Hubungan Manusia dengan alam (Palemahan) hal itulah yang menjadi landasan dilaksanakannya pengabdian masyarakat. Terpilihnya tempat tersebut menjadi lokasi tempat kuliah kerja nyata bukan semata-mata dilakukan begitu saja, tetapi sebelumnya sudah  dilakukan survei terhadap tempat tersebut oleh tim kuliah kerja nyata dari mahasiswa, untuk mengamati kegiatan  sehari-hari yang dilakukan oleh masyarakat di tempat tersebut.

Desa Kalirejo memiliki luas wilayah  1331 Ha. terdiri atas empat dusun yaitu: Dusun Glompong yang terdiri dari 256 kepala keluarga, Dusun Kalipuru terdiri dari 311 kepala keluarga, Dusun Kaligedang terdiri dari 208 kepala keluarga dan Dusun Surak yang terdiri dari 136 kepala keluarga. Dengan jumlah penduduk 2879 jiwa, jumlah laki-laki yaitu: 1440 dan jumlah perempuan yaitu: 1439 jiwa. Di Dusun Kalipuru sendiri jumlah kepala keluarga yang beragama Hindu  berjumlah 37 kepala keluarga hal inilah yang mendorong lembaga melalui mahasiswa untuk melaksanakan pengandian masyarakat dan memberikan binaan kepada umat tersebut.

Kegiatan yang dilaksanakan dari tanggal 20 April sampai dengan tanggal 25 April 2017 di Dusun Kalipuru ini antara lain:  pengabdian masyarakat berupa pengajaran/memberikan pendidikan kepada anak-anak pasraman agama Hindu, Yoga  dan penyuluhan untuk umat Hindu yang dilakukan di Pura Sita Nirmala Jati di Dusun Kalipuru. Rutin melaksanakan persembahyangan bersama dengan umat pagi dan sore dengan masyarakat Hindu yang ada di desa tersebut yang sering diakhiri dengan Dharma Wacana dan dialog antara warga dan tim KKN. Selain itu  tim KKN juga memberikan bantuan beberapa ekor kambing dan sumbangan bibit pertanian seperti jagung dan kacang-kacangan dikarenakan di dusun tersebut yg dapat dihasilkan dan dikembangkan adalah peternakan dan pertanian. Hal lain yang dilaksanakan dalam kaitannya dengan pengabdian masyarakat yaitu pengobatan gratis bagi seluruhf1 warga di Dusun Kalipuru baik itu yang beragama Hindu dan non-Hindu. Dari hasil KKN tersebut terbentuk lah desa binaan dimana setelah dilaksanakannya KKN tersebut, akan dilakukan kunjungan kembali dan pengembangan program-program pembinaan kepada masyarakat teff2rsebut sehingga terwujudnya insan  umat yang cerdas dan berwawasan pengetahuan berlandaskan Weda.

Adapun beberapa dokumentasi kegiatan pengabdian masyarakat di Dusun Kalipuru, Desa Kalirejo, Kecamatan Singorojo, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah diantaranya yaitu:

Acara pembukaaan pengabdian masyarakat, Kuliah Kerja Nyata (KKN) Sekolah Tinggi Agama Hindu (STAH) Dharma Nusantara Jakarta bertempat di Pura Sita Nirmala Jati, Dusun Kalipuru yang dihadiri dan diresmikan oleh Ketua Parisada Hindu Dharma Provinsi Jawa Tengah, Ketua Parisada Kabupaten Kendal,  Pembimas Jawa Tengah dan tokoh masyarakat setempat (Dok. Tim KKN STAH DNJ tanggal 20 April 2017).ff3

Dokumentasi kegiatan persembahyangan bersana di Pura Sita Nirmala Jati, Dusun Kalipuru

Hasil dari pengabdian masyarakat melalui kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang dilakukan oleh mahasiswa Sekolah Tinggi Agama Hindu (STAH) Dharma Nusantara Jakarta merupakan suatu bentuk nyata dari pengetahuan yang sudah didapatkan di lingkungan perkuliahan, yang diimplementasikan di kehidupan masyarakat. Banyak hal yang didapatkan dari pengabdian kepada masyarakat tersebut diantaranya adalah pengalaman menghadapi kenyataan dalam masyarakat, masalah-masalah dan bagaimana cara mengatasi hal tersebut. Hal ini tentunya akan merubah pola pikir mahasiswa dan akan menjadikan mahasiswa itu menjadi dewasa dalam segala hal.

Harapannya semoga apa yang sudah dilaksanakan dalam pengabdiaan kepada masyarakat kaitannya dengan Kuliah Kerja Nyata (KKN) ini dapat memberikan manfaat bagi mahasiswa khususnya dan umat Hindu pada umumnya dan dengan adanya hal tersebut akan memberikan inspirasi pada umat lainnya untuk melakukan dan peduli pada sesama tidak hanya antar umat saja tapi menyeluruh, sehingga akan tercapainya insan umat yang cerdas, intlektual, bijaksana dan berpengetahuan. *)Dosen STAH DNJ

 

 

Seminar Hasil Penelitian Kelompok STAH DHARMA NUSANTARA JAKARTA TAHUN 2016

December 30, 2016 By: admin Category: Berita/News

Oleh : I Wayan Tantre*

Sabtu, 17 Desember 2016 bertempat di Kampus STAH DN Jakarta Jatiwaringin Junction berlangsung Seminar Hasil Penelitian Kelompok Dosen dan Mahasiswa. Acara berlangsung sejak pukul 12.00 WIB – hingga berakhir pukul 17.00 WIB.

Ketua Panitia Pelaksana I Made Biasa, S.Ag., M.Fil.H dan sekretaris Wayan Panca Wirata, S.Pd.H. sejak persiapan sampai berakhirnya acara bersama anggota penitia lainnya bekerja keras untuk suksesnya acara ini, sesuai dengan tugas yang diberikan kepada mereka berdasarkan Surat Keputusan Ketua Sekolah Tinggi Agama Hindu Dharma Nusantara Jakarta Nomor: 262/SK/STAH-DNJ/XI/2016 tanggal, 30 November 2016, tentang Seminar Hasil Penelitian Kelompok pada Lembaga Perguruan Tinggi Agama Hindu Swasta Tahun 2016, Sekolah Tinggi Agama Hindu (STAH) Dharma Nusantara Jakarta Tahun 2016.

 

Adapun susunan acara terlaksana dengan baik sebagai berikut :

NO WAKTU URAIAN KETERANGAN
1 12.00 – 13.00 Registrasi Panitia
2 13.00 – 13.05 Pembukaan MC
3 13.05 – 13.10 Lagu Indonesia Raya Panitia
4 13.10 – 13.15 Do’a I Wayan Kantun Mandara, S.Ag., M.Fil.H
5 13.15 – 13.25 Laporan Ketua Panitia I Made Biasa,S.Ag., M.Fil.H
6 13.25 – 13.35 Pengarahan sekaligus Membuka Acara Ketua STAH DNJ

Prof. Dr. Ir. I Made Kartika D., Dipl.-Ing

7 13.35 – 16.45 Presentasi Hasil Penelitian Reviewer:

1.    Prof. Dr. Ir. I Made Kartika D., Dipl.-Ing

2.    Prof. Dr. I Ketut Oka Setiawan, SH., MH

3.    Dr. I Made Suparta

4.    Dr. I Nyoman Yoga Segara, M.Hum

 

Moderator

a. I Wayan Sumendra, M.Si

b. Ni Gusti Ayu Ketut   Kurniasari, S.IP., M.Si

  16.45-17.00 Pengumuman Hasil Seminar Penelitian Kelompok

Penutupan

Ketua STAH DNJ

Prof. Dr. Ir. I Made Kartika D., Dipl.-Ing

 

Usaha pembukaan setelah istirahat sejenak untuk rehat kopi acara dilanjutkan dengan seminar yang dibagi dalam 2 Ruangan yang terdiri dari dua jenis Penelitian yakni Penelitian kualitatif dan Penelitian kuantitatif.

  1. Penelitian Kualitatif
    1. Judul : “ PENERAPAN NILAI-NILAI PEMAHAMAN VEDA PADA SAI STUDY GROUP (SSG) DALAM KONTEKS HARMONI KEBANGSAAN”

Nama Kelompok :

  1. A.A. Oka Puspa, M.Fil.H (Ketua)
  2. I Wayan Kantun Mandra, S.Ag., M.Fil.H (Anggota)
  3. Untung Suhardi, S.Pd.H., M.Fil.H (Anggota)
  4. I Made Jaya Negara SP, S.Sn., M.Fil.H (Anggota)
  5. Judul : “ ANALISIS PERAN PROGRAM KONSELING PHDI DALAM MEMBIMBING, MEMBINA DAN MENINGKATKAN SRADDHA PASANGAN PRANIKAH MENUJU GRHASTA ASRAMA”

Nama Kelompok :

  1. Kadek Hemamalini, M.Fil.H
  2. Indra Parameswara, S.Sos., MBA
  3. I Wayan Arif Sugiarta, ST., MM
  4. A. Rai Susila Panji, S.Sn., M.Si

 

Bertindak selaku Reviewer:

  1. Dr. I Ketut Oka Setiawan, SH.,MH
  2. I Nyoman Yoga Segara, M.Hum

 

  1. Penelitian Kuantitatif
  1. Judul : “ ANALISIS HUBUNGAN PENERAPAN KURIKULUM 2013 DENGAN PEMBENTUKAN KARAKTER DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PASRAMAN DI LINGKUNGAN PROVINSI DKI JAKARTA”

 

Nama Kelompok :

  1. Made Awanita, S.Ag. M.Pd
  2. Ketut Budiawan, MH., M.Fil.H
  3. Putu Jaya AW, S.Si., MM
  4. Ida Ayu Kirana Dewi

 

  1. Judul  : “ PENGARUH PENGGUNAAN BHAGAWAD GITA VERSI TERJEMAHAN BERGAMBAR TERHADAP PEMAHAMAN AJARAN HINDU PADA ASPEK YAJNA DENGAN MEMPERTIMBANGKAN VISUAL LITERACY  PADA SISWA SMP DI PASRAMAN TIRTA BHUANA BEKASI”

Nama Kelompok :

  1. I Ketut Angga Irawan, S.Ag., M.Si
  2. I Ketut Ulianta, S.Pd
  3. I Putu Sudarma Putra, S.Pd.H.,M.Pd.H
  4. I Kadek Nova Wibawa Yasa

Bertidak selaku Reviewer adalah :

 

  1. Dr. Ir. I Made Kartika D., Dipl.-Ing
  2. I Made Suparta

Diskusi tampak menghangat disertai dengan berbagai argunemtasi yang terlontar baik dari reviewer maupun kelompok peneliti. Argumentasi dan pernyataan yang oleh para reviewer menggelitik penuh kritikan yang membuat para peserta menjawab dengan penuh antusias memberikan pemahaman tentang penelitian yang berhasil mereka selesaikan dengan kerja kelompok yang kompak.

penelitianProses seminar yang sangat gamblang disaksikan oleh para Dosen serta mahasiswa yang turut hadir dalam seminar kali ini dengan penuh antusia menyimak dan memetik pembelajaran tentang bagaimana meneliti yang baik semoga dapat menjadi contoh dan pengalaman yang berharga bagi semua. Dengan menyimak jalannya seminar hasil. Dalam Proses ini para hadirin diharapkan mampu mengambil hikmah dari apa yang telah dilakukan oleh peserta seminar yang lebih penting adalah para mahasiswa mendapat pengalaman secara gamblang mengenai bagaimana cara melakukan penelitian dengan menggunakan metode kualitatif dan kuantitatif sehingga harapannya dalam penyelelesaian tugas akhir nanti para mahasiswa sudah menngetahui proses dalam melakukan sebuah penelitian dan bagaimana cara menyajikannya dalam semuah seminar penelitian. Semoga…!

*) Mahasiswa Program Studi Penerangan Semester V

Festival Seni Pesantian & Geguntangan 2016 se Jabodetabek

December 09, 2016 By: admin Category: Berita/News

Oleh : Wayan Tantre*

Hari minggu, Tanggal 27 November 2016, pkl. 08: 30 WIB s/d selesai yang bertempat di: Wantilan Pura Agung Wira Dharma Samudera- Komplek Marinir Cilandak – Jakarta Selatan. Hal ini dipayungi oleh Parisadha Hindu Dharma Indonesia – DKI Jakarta Dalam Acara Festival Seni Pesantian & Geguntangan 2016 se Jabodetabek dan yang sebagai penanngung jawab adalah Kombes Pol (Purn) I Ketut Wiardana SH.

            geguntanganAcara ini spesial dihadiri oleh Dr. Sumarsono MDM selaku Plt. Gubernur DKI Jakarta. Adapun uraian acara diawali dengan Registrasi peserta festival dan penyambutan umat, Penyambutan tamu Undang VIP, Penyambutan bapak Plt. Gubernur DKI Jakarta, Pembukaan acara, Laporan Penyelenggaraan acara, Sambutan dari ketua Parisadha Hindu Dharma Indonesia Pusat, Sambutan dari Tokoh Umat Hindu, Sambutan dari bapak Plt. Gubernur DKI Jakarta sekaligus membuka acara Festival Seni Pesantian & Geguntangan 2016 DKI & Bodetabek, Pembacaan doa, Dewan Juri memasuki meja penjurian & pembacaan peraturan lomba, Lomba tahap I : Nomor Peserta 1 s/d 6, Puja Tri Sandya & Istirahat Makan Siang, Lomba Tahap II : Penetapan Pemenang & Penyerahan Trophy.

            Peserta ada 14 seke Pesantian,

1.      Pesantian Amrta Jati Cinere, 2. Wahana Bakti Cibubur A dan B, 3. Dharma Kerti Jakarta Utara A dan B, 4. Mustika Dharma Cijantung, 5. Wira Dharma TMII, 6. Jnana Mukti Bokor Mad Depok, 7. Pesantian Gita Shanti STAH DN Jakarta, 8.  Gita Shanti Bhuana Jakarta Pusat, 9. Gita Paksi Chandra Prabha Jelambar, 10. Pesantian Pura Aditya Jaya Rawamangun.

Pesantian Gita Shanti Sekolah Tinggi Agama Hindu Dharma Nusantara Jakarta mendapatkan Juara yakni:

1.      Penembang Putri Juara 3 atas nama Wayan Ike Dewiyanti

2.      Peneges Putri Juara 3 atas nama Ida Ayu Putu Nopi Anggraini

3.      Penembang Putr Juara Harapan 3 atas nama Wayan Tantre Awiyane

4.      Peneges Putra Juara Harapan 3 atas nama I Made Mertayasa

Semoga dengan Adanya Pelaksanaan Festival Seni Pesantian & Geguntangan 2016 DKI & Bodetabek, ini mampu menjadi salah satu sarana dalam mempertahankan serta pelestarian Adat dan Budaya Khususnya Budaya Bali menjadi pemupuk rasa cinta akan adat dan budaya serta menjadi momentum Peningkatan Sradha dan Bakthi kita bersama sebagai Umat Hindu.

*) Mahasiswa STAH DN J. Prodi Penerangan

  • Jurnal PASUPATI ISSN 2303-0860

  • Memajukan SDM Hindu

    Salah Satu Karya Dosen STAH DNJ

    Memajukan SDM Hindu

  • Categories

  • Recent Posts

  • Archives

  • DHARMAGITA

    Mrdukomala

    Ong sembah ninganatha tinghalana de tri loka sarana

    Ya Tuhan sembah hamba ini orang hina, silahkan lihat oleh Mu penguasa tiga dunia

    Wahya dhyatmika sembahing hulun ijongta tanhana waneh

    Lahir bathin sembah hamba tiada lain kehadapan kakiMu

    Sang lwir Agni sakeng tahen kadi minyak saking dadhi kita

    Engkau bagaikan api yang keluar dari kayu kering, bagaikan minyak yang keluar dari santan

    Sang saksat metu yan hana wwang ngamuter tutur pinahayu

    Engkau seakan-akan nyata tampak apabila ada orang yang mengolah ilmu bathin dengan baik

  • STATISTIK

  • Blog Advertising - Advertise on blogs with SponsoredReviews.com