STAHDNJ.AC.ID

Vidyaya, Vijnanam, Vidvan
Subscribe

Archive for the ‘Berita/News’

ORIENTASI STUDI DAN PENGENALAN KAMPUS MAHASISWA BARU STAH DHARMA NUSANTARA JAKARTA SECARA RESMI DIBUKA OLEH KETUA STAH DHARMA NUSANTARA JAKARTA

September 15, 2017 By: admin Category: Berita/News, Uncategorized

Jakarta 15 September 2017, stahdnj.ac.id, Bertempat di Aula STAH Dharma Nusantara Jakarta berlangsung Pembukaan Ospek Mahasiswa Baru Stah Dharma Nusantara Jakarta.  Acara ini bertema Fight for Future, dan  dibuka secara resmi oleh Ketua STAH Dharma Nusantara Jakarta Prof. Dr. Ir. I Made Kartika Dhiputra, Dipl.ing. Hadir juga pada kesempatan ini WAKA III dr. I Ketut Lilamurti, Sp.A., S.Ag. dan Seluruh Jajaran Jurusan dan Prodi. Mahasiswa yang ikut dalam acara ini adalah 43 orang terbagi dalam 2 program studi yaitu program studi Pendidikan Agama Hindu dan Penerangan Agama Hindu.

Ketua STAH

Pada kesempatan ini ketua STAH DN Jakarta mengatakan bahwa Kesempatan bagi kita itu diberikan oleh orang lain. Oleh karena itu anda harus memanfaatkan sebaik-baiknya untuk kemajuan dan pengembangan diri anda. Ingat kesempatan itu datangnya sekali jangan diabaikan dan ambillah dan kerjakan dengan sebaik-baiknya. Ikuti seluruh rangkaian ospek ini yang akan dipandu oleh kakak-kakak kelas anda (BEM) dan ikuti pula pembekalan dari para waka yang akan memberikan pembekalan tentang akademik, administrasi, SDM dan Kemahasisiwaan. Bagaimana anda belajar dan menyelesaikan studi dan lain sebagainya.

Waka III dalam pengarahannya menyampaikan tentang kesopanan, tata cara berpakaian yang semestinya sebagai seorang mahasiswa. Nasehat kepada mahasiswa disampaikan termasuk tata cara berdiskusi dan sikap kita ketika mengikuti pembicaaraan orang. Hormati setiap pembicara dengan cara mengikuti dengan baik dan jangan biasakan ngobrol. Saudara masuk disini untuk dipersiapkan menjadi calon-calon pemimpin Hindu, demikian tambahan dari waka III.

Usai pembukaan di Aula STAH Jatiwaringin, acara berikutnya akan dilangsungkan GOR Pura Taman Sari   Halim Perdana Kusuma. Ospek ini akan berlangsung selama 3 hari dengan berbagai acara yang sudah disiapkan oleh panitia yang secara garis besar terdiri dari : Pembukaan, Pengarahan Awal, Perkenalan, Materi Knowing Your Home dari dosen, Taking yourself (Persiapan Yoga), Taking care your health dari team Yoga, Ice Breaking (Game/Outbond) , Materi Fight For Future  , Knowing your City (Materi dari BEM, KMHDI, Materi Dari Peradah, Outbond, Waching Movie  (Membangun Komitmen) Pembekalan Waka I, Pembekalan Waka II, dan Pembekalan Waka III, Acara Bersama (Pembagian Hadiah dan Kebersamaan) Demikian disampaikan oleh Ketua Panitia Ospek Tahun 2017 Wisnu Oke Wirawan.

Ketua BEM Stah Dharma Nusantara Jakarta, Ni Wayan Hana Pertiwi berharap setelah acara Ospek yang memakan waktu 3 hari ini memiliki harapan besar kepada teman-teman mahasiswa yaitu meningkatnya disiplin, meningkatkan loyalitas kepada lembaga, semangat membangun dan kebersamaan antar mahasiswa dan juga masyarakat.

Hingga berita ini diturunkan, acara sedang berlangsung yaitu perkenalan yang dipandu oleh BEM. (uli)

VISITASI ASESOR BAN PT DALAM RANGKA AKREDITASI INSTITUSI PERGURUAN TINGGI (AIPT) STAH DHARMA NUSANTARA JAKARTA

September 13, 2017 By: admin Category: Berita/News

Jakarta, stahdnj.ac.id, Visitasi Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi dalam rangka Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi (AIPT) Sekolah Tinggi Agama Hindu (STAH) Dharma Nusantara Jakarta, berlangsung pada tanggal 11 September 2017.

Asesor BAN PT yang hadir melakukan visitasi adalah Prof. dari Universitas Islam Sunan Ampel Surabaya yaitu Prof. Achmad Jainuri dan Prof. dari Universitas Hindu Indonesia Denpasar  yaitu Prof. Ida Ayu Gde Yadnyawati.

Disambut di STAH Jakarta oleh Ketua STAH Dharma Nusantara Jakarta Prof. Dr. Ir I Made Kartika Dhiputra Beserta Jajaran Pengurus STAH, Civitas Akademika, Mahasiswa, Alumni dan Stakeholder STAH.

Tokoh Umat Hindu Dari PHDI, Yayasan Dharma Nusantara hadir untuk memberikan support kepada STAH agar akreditasi berjalan lancar dan tidak ada kendala yang berarti.

Acara Diawali pembukaan dan ucapan selamat datang dari ketua STAH yang dilanjutkan dengan acara pemeriksaan dokumen dan tanya jawab dengan seluruh terkait materi borang STAH yang telah dikirimkan ke BAN PT sebelumnya.

Acara berlangsung lancar tiada kendala yang berarti berkat kerjasama seluruh team pengisi borang, Dosen, Mahasiswa, dan seluruh jajaran pimpinan.

Semoga atas Asung Kerta Wara Nugraha Ida Sang Hyang Widhi Wasa STAH mendapat hasil terbaik.

Sarasehan Bertajuk Peran Lembaga Hindu & Masyarakat dalam Penguatan Perguruan Tinggi Keagamaan Hindu

June 11, 2017 By: admin Category: Berita/News

Jakarta, 10 Juni 2017, Bertempat di Aula Kampus STAH Dharma Nusantara Jakarta, di Pangkalan Jati Jatiwaringin Junction,  diadakan sarasehan bertema Peran Lembaga Hindu dan Masyarakat dalam penguatan Perguruan Tinggi Keagamaan  Hindu. sarasehan1Acara ini berlangsung selama 2,5 jam dan kali ini dimoderator oleh Dr. I Made Supartha.  Hadir dalam Kempatan ini Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia Pusat Mayjen (Purn) Wisnu Bawa Tanaya, Sekretaris Umum PHDI Ir. Ketut Parwata Ketua Yayasan Dharma Nusantara Ir.IGK.Suena, Sekretaris Ditjen Bimmas Hindu Kementerian Agama RI  I Made Sutresna S.Ag., MA,  Ketua BDDN Wayan  Alit Antara, Bendahara Umum BDDN Komang Adi Setiawan, Ketua STAH Dharma Nusantara Jakarta Prof. Dr. Ir. I Made Kartika D. Dipl.-Ing., Pembina Yayasan IB Jaya Pati, Undangan lainya, Sivitas Academika STAH serta Mahasiwa-mahasiswi STAH Dharma Nusantara Jakarta. Acara mulai pkl. 10.30 dan berakhir pada jam 13.00 Wib. Dalam Arahannya Ketua PHDI Mengajak Umat Hindu dan Mahasiswa untuk mementingkan Pendidikan. Kita harus memiliki cita-cita besar dan jangan mau mengecilkan diri sendiri. Beliau juga mengajak sivitas akademika untuk belajar berbagai Bahasa karena kelemahan yang ada saat ini adalah dalam komunikasi. Beliau juga menegaskan pendidikan tinggi seperti stah ini seharusnya menjadi garis terdepan dalam menjaga peradaban Hindu. Mengembangakan sumber daya manusia oleh karena itu kita harus : 1) Meninggikan cita-cita dan jangan membatasi diri sendiri, 2) Belajar senyum dan sabar, 3) Kerja keras, 4) Mementingkan Pengetahuan, Skill dan Kesehatan Baik sehat Jiwa dan Raga. Motivasi kepada mahasiswa juga sungguha luar biasa, Beliau mengajak kita semua untuk hidup dan bertidak secara Profesional – Efektif – Efisien – dan Modern serta terus menerus belajar. Beliau juga berharap stah menjadi ujung tombak Pancasila Sejati dan berani menyuarakan kebenaran, Mengaungkan hal – hal yang positif dan memiliki ketegasan.sarasehan2

Ketua STAH DN Jakarta Prof. Dr. Ir. I Made Kartika D. Dipl.-Ing dalam sambutannnya sebagai tuan rumah merasa angayubagia dan merasakan kepedulian umat dan Lembaga pada bidang pendidikan yang ditandai dengan kehadiran dan kepedulian secara legal aspek dari Ketua PHDI di kampus STAH di PKJJ Jatiwaringin Jakarta Timur. Beliau juga berharap semoga STAH yang merupakan perjuangan dari para tokoh pendahulu dapat kita teruskan dengan baik dan mahasiswa yang kita didik ini dapat bermanfaat dan berguna bagi nusa, bangsa dan Hindu secara khusus.

Ketua Yayasan Ir. IGK. Suena dalam sambutannya  berharap agar STAH mampu mendidik anak-anak kita sehingga Hindu menjadi semakin maju. Segala permasalahan semoga dapat kita selesaikan baik material maupun immaterial. Kita cari selusinya secara bersama-sama sehingga menjadi clear semua.

sarasehan3Sekretaris Ditjen Bimas Hindu dalam wejangannya juga mengajak kita semua untuk senantiasa menghadapi segala tantangan untuk dapat sukses. Karena bisa sukses kalau mampu menghadapi tantangan yang di berikan kepada kita semua. Kita akan jadi besar kalau kita bisa menghadapi tantangan seperti halnya Bhetara Gana. Dipukul terus dan bisa menjadi besar. Oleh karena itu Jangan selalu maunya berada di zona nyaman tetapi keluar dari zona tersebut dan berusaha menghadapi segala persoalan yang terjadi dengan baik.

Sarasehan ini diakhir dengan sesi foto bersama dan makan siang bersama.